Transformasi Pelayanan Publik di Era New Normal di Badan Pengelola Keuangan Daerah Kota Padang Panjang

Authors

  • Ade Irawati Universitas Negeri Padang Author
  • Ibnu Kuntara Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.69989/3ge07397

Keywords:

Transformasi, Pelayanan Publik, New Normal, Badan Pengelola Keuangan Daerah

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap perubahan birokrasi pemerintahan dalam hal pelayanan publik. Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Padang Panjang memiliki beban tugas dan fungsi yang bertambah berat di era new normal. BPKD Kota Padang Panjang tetap memberikan pelayanan terbaik kepada publik dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang terlah di tetapkan. Pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melakukan interview dan pengumpulan data sekunder berupa peraturan perundang-undangan, artikel, buku dan jurnal berkaitan dengan pelayanan publik di era new normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPKD Kota Padang Panjang telah melakukan transformasi pelayanan publik di era new normal yaitu Pertama, mengurangi jumlah orang dalam kegiatan pelayanan baik publik sebagai penerima pelayanan maupun petugas pemberi pelayanan; Kedua, Membatasi waktu buka pelayanan perpajakan sehingga berpengaruh terhadap waktu konsultasi publik; Ketiga, transformasi pelayanan publik secara online atau melalui teknologi informasi komunikasi dalam hal membayar pajak secara online melalui aplikasi gojek dan mobile banking Bank Nagari serta pelayanan publik bidang PBB-P2 menerapkan pelayanan berbasis aplikasi atau web yang dikenal dengan aplikasi SIP PBB. Kemudian hasil penelitian ini juga mengungkapkan permasalahan yang dihadapi yaitu pembatasan waktu untuk berkonsultasi di era new normal dan kesadaran masyarakat dalam merubah mindset masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldri, Frinaldi dan Witya, Tryanti. 2019. “Efektivitas Implementasi E-Government dalam Pelayanan Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Jurnal Multidicsipinary Research and Development. Volume 1 , Issue 3, 2019

Ashal, Rezeky Ana . 2020. “Pengaruh Work From Home Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Medan” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum No. 2 2020 : 223-242

Hadi, Krishno, Listiano dan Iradhad. 2020. “Inovasi Dialogis: Menuju Transformasi Pelayanan Publik yang Paatisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online). Jurnal Of Government and Civil Society. Vol. 4, No. 1, April 2020. Pp. 115-129

Lumbanraja, Anggita Doramia. 2020. “Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi”. Administrative Law & Governance Journal. Volume 3 , Issue 2, June 2020

Noor, Munawar. 2020.“Transformasi dan Tantangan dalam Urusan Publik di Era New Normal”. Jurnal Majalah Ilmiah Fisip UNTAG Semarang, No. 21 2020

Sugiyono. (2018). Dasar-dasar Manajemen Publik. Bandung: Alfabeta

Yani, Ely.2017. “Analisis Realisasi Teknologi, Institusi dan Agensi dalam Transformasi Pelayanan Publik di Jakarta”. Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi Volume 47. Nomor 1. Juni 2017

Yulianto, Y. 2020. “Meningkatkan Kompetensi Aparatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik Menuju Era New Normal”. In Prosiding Seminar STIAMI. Volume 7 Nomor 1, pp. 36-45. July 2020

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar

Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVOID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri

Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara

Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2019 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019.

Peraturan Walikota Padang Panjang Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 di Kota Padang Panjang

Published

2022-07-26

How to Cite

Transformasi Pelayanan Publik di Era New Normal di Badan Pengelola Keuangan Daerah Kota Padang Panjang. (2022). Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(1), 73-82. https://doi.org/10.69989/3ge07397

Similar Articles

1-10 of 33

You may also start an advanced similarity search for this article.