Manajemen Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Oleh Pemerintah Kota Payakumbuh Dalam Mewujudkan Kota Sehat

Authors

  • Cecilya Asmarani Oka Putri Universitas Andalas Author
  • Roni Ekha Putera Universitas Andalas Author
  • Yoserizal Yoserizal Universitas Andalas Author

DOI:

https://doi.org/10.69989/h74tkw87

Keywords:

Management, PHBS, Program UKS/M

Abstract

Manajemen Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Oleh Pemerintah Kota Payakumbuh Dalam Mewujudkan Kota Sehat Tahun 2017, Dalam menjalankan suatu program diperlukan proses manajemen agar berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Perencanaan yang matang dapat menentukan efektif tidaknya suatu kegiatan. Untuk pelaksanaan Sekolah Sehat yang berkelanjutan dengan lancar, dan baik, maka diperlukannya sebuah perencanaan yang baik pula oleh Pemerintah Kota Payakumbuh. Tujuan: untuk mendeskripsikan daan menganilisis Manajemen Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) oleh Pemerintah Kota Payakumbuh dalam mewujudkan Kota Sehat pada Tahun 2017. Metode : penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskripif. Hasil/ Temuan: Melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan menunjukan bahwa manajemen yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh berjalan dengan sesuai dengan yang telah direncanakan, tetapi masih terdapat kendala dalam pelaksanaanya seperti masih kurangnya pengawasan yang dilakukan terhadap masyarakat atau pedagang kantin yang menjual makanan tidak sehat, dan kurangnya partisipasi masyarakat yang tinggal disekitar lingkungan sekolah dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, B. R., Putera, R. E., & Ariany, R. (2020). Inovasi Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pariaman. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(2), 167–179.

Ariany, R., & Putera, R. E. (2013). Analisis Kinerja Organisasi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan Publik di Kota Pariaman. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 29(1), 33–40.

Arinda, S., & Angela, V. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Di Desa Matang Seulimeng Kec. Langsa Barat Kota Langsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darussalam, 1(2), 37–40.

Batlajery, S. (2016). Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada aparatur pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial Unmus, 7(2), 135–155.

Griffin, R. W. (2021). Management. Cengage Learning.

John W. Creswell. (2008). Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (FOURTH EDI). Pearson Education Merrill Prentice Hall.

Khafid, M., Ainiyah, N., & Maimunah, S. (2019). Gambaran perilaku hidup bersih dan sehat di Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya. The Indonesian Journal of Health Science, 11(2), 177–181.

Mulia, R. A. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Aplikasi Dalam Peningkatan Kinerja. CV. Eureka Media Aksara.

Nasional, R. P. J. M. (2004). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Pratiwi, F. D. G., & Imran, A. I. (2018). Manajemen Public Relations Dalam Mengelola Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta).

Sudjadi, A., Widanti, A., Sarwo, Y. B., & Sobandi, H. (2017). Penerapan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin Yang Ideal Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin Melalui Program Jamkesmas. Soepra, 3(1), 14–25.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan strategi komunikasi dalam kegiatan pembangunan. Lentera, 17(1).

Yanti, D., & Adianto, A. (2022). Implementasi Strategi Pengembangan Program Kota Sehat Melalui Kawasan Masyarakat Sehat Yang Mandiri Di Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Research and Development on Public Policy, 1(4), 47–58.

Published

2023-08-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Manajemen Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Oleh Pemerintah Kota Payakumbuh Dalam Mewujudkan Kota Sehat. (2023). Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 3(1), 22-29. https://doi.org/10.69989/h74tkw87

Similar Articles

11-20 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.