Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penanggulangan Bencana Kebakaran Pada Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan

Penulis

  • Annisa Fitri Universitas Ekasakti Penulis
  • Musri Musri Universitas Ekasakti Penulis
  • Ilham Syahrial Universitas Ekasakti Penulis

DOI:

https://doi.org/10.69989/rxjs7e02

Kata Kunci:

Standar Pelayanan Minimal, Penanggulangan, Bencana Kebakaran

Abstrak

Pemadam Kebakaran (Damkar) merupakan lembaga penanggulangan bencana yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati. Dinas Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan yang merupakan unsur pelaksana pemerintah dalam melaksanakan tugas penanganan masalah bencana kebakaran daerah kabupaten/ kota yang memiliki tanggung jawab menanggulangi bencana kebakaran, berdasarkan tugas pokok dan fungsinya selain bertanggungjawab dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran juga bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pada pemadaman kebakaran dan penanggulangan bencana, dan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100 Tahun 2018 Tentang Penerapan Standar Minimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Standar Pelayanan Minimum (SPM) Penanggulangan Bencana Kebakaran pada Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan dapat dilihat dari Program Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran Melalui Kemudahan Layanan. Kendala yang mempengaruhi Pengimplementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam Penanggulangan Bencana Kebakaran pada Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan adalah Masih rendahnya kesadaran terhadap risiko kebakaran dan masih rendahnya pemahaman terhadap kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran,  Waktu Tanggap Layanan Kebakaran Dalam Realisasi Target Tersebut Masih Belum Tercapai, Sumber Daya Manusia yang Belum Memadai, Sarana dan Prasarana yang kurang. Upaya dalam Mengatasi Kendala yang mempengaruhi Pengimplementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam Penanggulangan Bencana Kebakaran pada Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan. Adapun upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu : Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran, Memaksimalkan Waktu Tanggap, pengembangan sumber daya manusia melalui Pendidikan dan pelatihan  dan memaksimalkan waktu yang ada.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Badudu, Jus dan Zain, Sultan Muhammad, 2001, Kamus Bahasa Indonesia Jakarta, Balai Pustaka.

Bogdan, Tylor, Lexy J. Moleong. 2007. MetodePenelitianKualitiatif. PT. Remaja Rosda karya, Bandung.

Burhan Burgin, 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Hadari Nawawi, 2012. Metode Research (PenelitianIlmiah). Jakarta. Bumi Aksara.

Hamid Darmadi, 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, Bandung : Alfabeta.

Husni Tamrin, 2013, Hukum Pelayanan Publik Di Indonesia, Yogyakarta, Aswaja Pressindo.

Lexi, Dr. J. Moleong, MA. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moenir, A S, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.

Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya. Bandung.

Raminto, Atik Septi Winarsih, 2007, Manajemen Pelayanan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Ratminto, Atik Septi Winarsih, OP.Cit.

Sujardi, 2012, Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik, Bandung, PT Refika Aditama.

Sanapiah Faisal, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif dan kualitatif. Bandung.Alfabeta.

Usman, Husaini & Purnomo Setiady Akbar, 2008, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Darmawan Listya Cahya, Dwi Suci Lestari, Identifikasi Tingkat Pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Penatataan Ruang Di provinsi Nusa Tenggara Timur, Jurnal Planesa.

Esti Setiawati, Studi Evaluasi Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidkan dasar Di Kabupaten Bantul, Jurnal pendidikan Ke-SD-an.

Fitri, A., & Yuska, H. (2021). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penertiban Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(2), 90-103.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-06

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penanggulangan Bencana Kebakaran Pada Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan. (2022). Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(1), 55-65. https://doi.org/10.69989/rxjs7e02

Artikel Serupa

1-10 dari 17

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama