Persepsi Pemilih Masyarakat Desa Simalegi Terhadap Kampanye Caleg Dapil Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai

Penulis

  • Sayid Anshar Universitas Ekasakti Penulis
  • Netrivianti Netrivianti Universitas Ekasakti Penulis
  • Dedi Redi Frant Universitas Ekasakti Penulis

DOI:

https://doi.org/10.69989/ejct5p16

Kata Kunci:

Kampanye, Persepsi, Teori Respon Kognitif

Abstrak

Kampanye adalah sebuah upaya yang diorganisir oleh suatu kelompok yang ditujukan untuk mempersuasi target sasaran agar bisa menerima, memodifikasi atau membuang ide, sikap dan prilaku tertentu. Kampanye dalam pemilu pada dasarnya dianggap suatu ajang berlangsungnya proses komunikasi politik tertentu, yang sangat tinggi intensitasnya. Persepsi pemilih terhadap kampanye caleg sangat penting untuk diteliti, karena banyakanya visi misi caleg yang ditawarkan kepada masyarakat sehingga membuat persepsi dikalangan masyarakat berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif paradigma kontruktivisme, penelitian ini di analisis menggunakan teori S-O-R (Stimulus Organism Respon) yang dikemukakan oleh Houland dan teori respon kognitif yang dikemukan oleh Belch George E. Dan Belch Michael, informan dalam penelitian ini ada tokoh masyarakat sebagai pemilih di Desa Simalegi berdasarkan purposive sampling, metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah timbulnya persepsi dikalangan masyarakat Desa Simalegi Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai secara negatif maupun positif. Persepsi negatif yaitu penolakan terhadap kampanye Caleg karena Caleg tidak menepati janjinya sehingga masyarakat kecewa dan merasa dibohongi. Persepsi pemilih merupakan dampak dari pendekatan respon kognitif dalam komunikasi dimana Caleg sebagai komunikator memberikan penekanan pada setiap apa yang disampaikan pada peserta kampanye.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Antar Venus, 2012, Manajemen Kampanye, Bandung, Simbiosa Rekatama.

Belch, G.E. dan Belch, M.A.,2003, Advertising and Promotion, An Marketing Communication Perspective, New York, Mc Graw Hill.

Cangara, Hafied, 2016, Komunikasi Politik; Konsep Strategi, Jakarta, raja Grafindo Persada.

Creswell John, W.,2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Eryanto, 2007, Teknik Sampling; Analisis Opini Publik, Yogyakarta, LKIS Yogyakarta.

Sthepen P Robbins, 1996, Prilaku Organisasi, Meksiko, Prentice Hall Hispanoamerica.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-16

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Persepsi Pemilih Masyarakat Desa Simalegi Terhadap Kampanye Caleg Dapil Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai. (2022). Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(1), 66-72. https://doi.org/10.69989/ejct5p16