Pelayanan Administrasi di Bagian Tata Usaha  Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar

Penulis

  • Fadhlan Fadhlan STIA Adabiah Penulis

DOI:

https://doi.org/10.69989/4vwy9h29

Kata Kunci:

Pelayanan, Administrasi, Tata Usaha

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Pelayanan Administrasi di Bagian Tata Usaha Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, kendala dalam pelayanan dan Upaya yang dilakukan dalam Pelayanan Administrasi di Bagian Tata Usaha Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan administrasi di tata usaha SMA Negeri 1 Batusangkar. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, kepala tata usaha sekolah, guru, operator dapodik, wali murid dan siswa di sekolah dengan menggunakan Teknik purposive sampling yaitu penentuan informan berdasarkan pada pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan di bagian tata usaha SMA Negeri 1 Batusangkar belum terlaksana dengan baik, kendala yang terlihat dalam sistem pelayanan administrasi di SMA Negeri 1 Batusangkar di antaranya kurang memadainya sarana dan prasarana dalam pelayanan tata usaha serta kurangnya tenaga pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang pelayanan administrasi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan mempersiapkan segala kebutuhan pelayanan administrasi dengan baik di antaranya sarana dan prasarana serta tenaga kepegawaiannya. Hal ini yang menjadi perhatian khusus agar pelayanan administrasi di SMA Negeri 1 Batusangkar bisa memberikan pelayanan yang optimal dengan hasil yang memuaskan bagi masyarakat maupun sesama rekan kerja.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Alawneh, A., Al-Refai, H., & Batiha, K. (2013). Measuring user satisfaction from e-Government services: Lessons from Jordan. Government Information Quarterly. https://doi.org/10.1016/j.giq.2013.03.001

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.

Foo, K. Y. (2013). A vision on the role of environmental higher education contributing to the sustainable development in Malaysia. Journal of Cleaner Production, 61, 6–12. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.05.014

Hatcher, R. (2006). Privatization and sponsorship: the re‐agenting of the school system in England. Journal of Education Policy, 21(5), 599–619. https://doi.org/10.1080/02680930600866199

Ikrawan, Z., Ariyanto, Y., & Harijanto, B. (2015). Sistem Informasi Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Pada Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Informatika Polinema, 1(4), 48. https://doi.org/10.33795/jip.v1i4.123

Marmoah, S. (2016). Administrasi dan supervisi pendidikan teori dan praktek. Deepublish.

McKnight, S. (2009). Bridging the gap between service provision and customer expectations. Performance Measurement and Metrics, 10(2), 79–93. https://doi.org/10.1108/14678040911005428

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Murniati, A. R., & Usman, N. (2009). Implementasi manajemen stratejik dalam pemberdayaan sekolah menengah kejuruan. Perdana Publishing.

Musyaffa, A. A. (2019). Total Quality Manajement Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. Penerbit A-Empat.

Oplatka, I. (2006). Women in educational administration within developing countries: Towards a new international research agenda. Journal of Educational Administration, 44(6), 604–624. https://doi.org/10.1108/09578230610704819

Qurtubi, H. A. (2019). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori & Implementasi). Jakad Media Publishing.

Rahman, M. (2017). Ilmu administrasi (Vol. 1). Sah Media.

Rao, H., Morrill, C., & Zald, M. N. (2000). Power plays: How social movements and collective action create new organizational forms. Research in Organizational Behavior, 22, 237–281. https://doi.org/10.1016/S0191-3085(00)22007-8

Sasser, W. E., Schlesinger, L. A., & Heskett, J. L. (1997). Service profit chain. Simon and Schuster.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (edisi 2). Alfabeta.

Wali, A. F., & Nwokah, N. G. (2018). Understanding customers’ expectations for delivering satisfactory and competitive services experience. International Journal of Electronic Marketing and Retailing, 9(3), 254–268. https://doi.org/10.1504/IJEMR.2018.092695

Yuaningsih, L., Lestari, I., Armiati, M., Ramadhani, M. F., & Zulham, M. R. (2020). Analisis Pelayanan Paspor Pada Kantor Imigrasi Kota Bandung. Jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial, 18(3), 43–50. https://doi.org/10.54783/dialektika.v18i3.78

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-10

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pelayanan Administrasi di Bagian Tata Usaha  Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. (2023). Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 3(1), 44-54. https://doi.org/10.69989/4vwy9h29

Artikel Serupa

11-20 dari 23

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.