Pemberdayaan Pegawai Negeri Sipil Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai

Penulis

  • Puryanto Puryanto Universitas Ekasakti Penulis

DOI:

https://doi.org/10.69989/cxvy5810

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Pegawai Negeri Sipil, Kualitas Pelayanan Publik

Abstrak

Pemerintah kecamatan siberut utara selaku pelaksana Pemberdayaan pegawai negeri sipil dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kecamtan siberut utara kabupaten kepulauan mentawai, dalam melakukan pemberdayaan peningkatan kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan siberut utara, terdapat ketidak disiplinan kinerja dalam melakukan pelayanan publik. Peneliti ini menggunakan Metode bersifat deskriptif-kualitatif. Teknik pemilihan informan purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penelusuran dokumen dalam bentuk studi kepustakaan serta observasi dan wawancara mendalam dengan informan kunci terpilih. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskrptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh secara keseluruhan bahwa, pertama pemberdayaan pegawai negeri sipil dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kecamatan siberut utara kabupeten kepulauan mentawai bias dikatakan baik hal ini terlihat dari beberapa tinjauan pemberdayaan yaitu: penyaradaran dan pembentukan perilaku, tranformasi pengetahuan dan kecakapan keterampilan, penigkatan kemampuan intelektual dan kecakapan keterampilan. kedua, kendalaapa yang terjadi dalam pemberdayaan pegawai negeri sipil dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kecamatan siberut utara kabupaten kepulauan mentawai yaitu: kendala penyadaran dan pembentukan perilaku, kendala tranformasi pengetahuan dan kecakapan keterampilan, kendala penigkatan kemampuan intelektual dan kecakapa nketerampilan ketiga, upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam pemberdayaan pegawai negeri sipil dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kecamatan siberut utara kabupaten kepulauan mentawai yaitu: upaya penyadaran dan pembentukan perilaku, upaya tranformasi pengetahuan dan kecakapan keterampilan, upaya penigkatan kemampuan intelektual dan kecakapan keterampilan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Agussalim Mangulang, 2016, Metodologi Penelitian, Padang, Ekasakti Press

Agus, Dwiyanto, 2015, Manajemen Pelayanan Publik, Yogyakarta, Gaja Mada University Perss

Dwiyanto dkk, 2006, Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press

Bogdan Dan Taylor, 2011, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Bandung, Rosdakarya.

Fadhilla, Putra, 2012, New Pelayanan Governance, Yogyakarta, Gadjah Mada University Perss

Moenir, 2002, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta, PT Bumi Aksara.

Sugiono, 2003, Metode Penelitian Administrasi, Bandung, Alfabeta

Suharsimi, Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakt, Jakarta, Rineka Cipta

Surjadi, 2012, Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik, Bandung, Reifika Aditama

W.J.S. Poerwadarminta, 1998, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka

Kurniawan, Agung, 2006, Tranformasi Pelayanan Publik, Yogyakarta, Pembaruan press

Lexi J, Moleong, 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosda Karya

Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta, UPP AMP YKPN

Manullang, 1978, Administrasi Kepegawaian, Jakarta, Haji Mas Agung.Musanef, 1996, Manajemen Kepegawaian Di Indonesia, Jakarta,Gunung Agung

Sianipar, 1998, Manajemen Pelayanan Masyarakat, Jakarta, LAN Indonesia

Sinambela, 2006, Reformasi Pelayanan Publik (Teori Kebijakan Dan Implementasi), Jakarta, PT. Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-24

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pemberdayaan Pegawai Negeri Sipil Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. (2021). Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(2), 110-116. https://doi.org/10.69989/cxvy5810

Artikel Serupa

11-20 dari 35

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.