Peran Filsafat Pendidikan dalam Era Pembelajaran Abad 21

Penulis

  • Anisa Oktobianti Universitas Negeri Makassar Penulis
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar Penulis

DOI:

https://doi.org/10.69989/z0h5y422

Kata Kunci:

Philosophy of Education, 21st Century Learning, Technological Advances

Abstrak

Mencari tahu apa peran filsafat pendidikan di era pembelajaran baru ini adalah tujuan utama penelitian ini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah telaah pustaka, yang memerlukan pengumpulan dan analisis berbagai sumber dan dokumen terkait yang berkaitan dengan masalah yang sedang dihadapi. Hasilnya menunjukkan bahwa filsafat ilmiah memainkan peran penting dalam pendidikan di zaman modern. Mempelajari dasar-dasar sains, mengasah kapasitas seseorang untuk berpikir kritis, dan mengatasi kompleksitas dan masalah transdisipliner yang mengganggu sains kontemporer semuanya dibantu oleh filsafat pendidikan. Pedagogi modern menekankan pada pengembangan keterampilan melalui pengalaman belajar yang dipandu. Penalaran asertif, berpikir kritis, metakognisi, komunikasi, kolaborasi, kemajuan, dan inovasi adalah enam kompetensi inti yang harus diupayakan siswa untuk diperoleh di kelas abad ke-21 yang berpusat pada siswa. bakat dengan data. Karena pembelajaran di zaman modern lebih terintegrasi dengan informasi dan kemampuan, pelatihan dianggap dapat menghasilkan profesional inovasi data dengan sumber daya manusia berkualitas tinggi dan sudut pandang baru. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdiyah, L. (2021). Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 24–31.

Ahmad, S., N., M & Ismail. (2024). Peran vital filsafat pendidikan dalam mewujudkan pembelajaran abad 21. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 14(3): 352 – 358.

Alamsyah., Apriliano, C. D., Irwan, S., Alif, K & Mustofa, A. H. (2024). Peningkatan Kompetensi Siswa SMKN 1 Kramatwatu dalam hal comunication, critical thingking, collaboration dan creative pada kegiatan Kihajar STEM Tingkat Nasional 2023. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial. Vol 2(1): 281 – 290.

Amirudin, N. (2018). Filsafat Pendidikan Islam: konteks kajian kekinian. Caremedia Communication.

Anas, A & Endin, M. (2022). Implementasi Konsep 4c Dalam Pembelajaran Pada Mata Kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 2(1): 1 – 13.

Annisa, P. S.M., Feriyanti, E. G & Marisi, D. (2023). Penerapan Optimalisasi Keterampilan 4C (Creative Thinking, Critical Thinking And Problem Solving, Communication, Collaboration) Dalam Pembelajaran Contextual Oral Language Skills. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 7(3): 2614-6614.

Austin, A. (2020). Philosophy for All Children: enhancing knowledge

Brookfield, S. D. (2011). Teaching for critical thinking: Tools and techniques to help students question their assumptions. John Wiley & Sons.

Evi Maulidah. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Vol 2 No 1.

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita Di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004.Obsesi.V1i1.30

Ginanjar, M. H. (2017). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Jauhari, M. I. (2020). Konsep pendidikan Ibnu Khaldun dan relevansinya terhadap pendidikan di era modern. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 187–210.

Khairani, F., Handayani, T., Effendi, D., & Puspita, Y. (2023). The Role Of Educational Philosophy As The Foundation For Teacher Strengthening In Schools. Esteem Journal of English Education Study Programme, 6(2), 226-235.

Ndofirepi, A. P. (2012). Quality education in Africa: Introducing philosophy for children to promote open-mindedness. Africa Education Review, 9(sup1), S26-S40.

Ramli, A., Putri, R., Trimadona, E., Abadi, A., Ramadani, Y., Saputra, A. M. A., Pirmani, P., Nurhasanah, N., Nirwana, I., & Mahmudah, K. (2023). LANDASAN PENDIDIKAN: Teori dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 dan Society 5.0 di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rini (2022). Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Communication, Collaboration , Critical Thinking Dan Creative Thinking (4C) Dengan Pendekatan Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Luqman Al-Hakim Kelas 5 SDN 010 Bengkulu Utara. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam. Vol 2(9): 25 – 30.

Sahu, B. (2002). New Educational Philosophy. Sarup & Sons

Sapitri, N. K. I., Ardana, I. M & Gunamantha, I. M. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan 4C Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol 6(1): 24 – 32.

Sari, J. P., Neng, A., Duski, I & Syarnubi. (2024). Filsafat Ilmu Pengetahuan Dalam Pembelajaran Abad 21. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. Vol 8(1): 1 – 7.

Tishana, A., Dio, A., Arief, J. P., Nizwardi, J & Rijal, A. (2023). Filsafat Konstruktivisme dalam Mengembangkan Calon Pendidik pada Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Kejuruan. Journal on Education. Vol 5(2): 1855 – 1867.

Trilling, Bernie and Hood, Paul. 1999. Learning, Technology, and Education Reform In The Knowledge Age, (Online), (https://www.wested.org/online_pubs/ learning_technology.pdf.), diakses tanggal 11 Mei 2016

Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Nurrahayu, S. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C Creativity , Communication , & Collaborative ) ( Critical Thinking , Strategies to Improve 4C Competencies ( Critical Thinking , Creativity , Communication & Collaborative ). 14(1), 41–52.

Widaningsih, E. W., Weti, S. N. J & Wina, P. (2024). Peran Filsafat Ilmu Dalam Pembelajaran Abad 21. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora. Vol 4(1): 149 – 157.

Yan, S., Walters, L. M., Wang, Z., & Wang, C. C. (2018). Meta-Analysis of the Effectiveness of Philosophy for Children Programs on Students’ Cognitive Outcomes. Analytic Teaching and Philosophical Praxis, 39(1), 13-33.

Diterbitkan

2024-12-28

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Peran Filsafat Pendidikan dalam Era Pembelajaran Abad 21. (2024). Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 4(2), 111-117. https://doi.org/10.69989/z0h5y422

Artikel Serupa

1-10 dari 14

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.