Pelayanan Publik Berbasis Digital di Kantor Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto

Penulis

  • Nazirwan Nazirwan STIA Adabiah Penulis
  • Devi Anita STIA Adabiah Penulis
  • Novian Anggi Kurniawan STIA Adabiah Penulis

DOI:

https://doi.org/10.69989/wpvrzy97

Kata Kunci:

Pelayanan Publik Berbasis Digital, Kantor Desa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Publik Berbasis Digital di Kantor Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Penyelenggaraan kepemerintahan berbasiskan elektronik untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efisien, efektif dan interaktif. Dimana pada intinya e-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain (penduduk, pengusaha, maupun instansi lain). Pelayanan Publik Berbasis Digital tidak bisa terlepas dari jaringan internet dan koneksi jaringan internet yang lambat juga menjadi kendala dan menghambat proses Pelayanan Publik Berbasis Digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Informan berjumlah 23 orang yaitu terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kasi Pelayanan, Petugas Administrasi Desa, Kepala Dusun dan Masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan. Sedangkan data sekunder bersumber dari data yang ada di Kantor Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Hasil penelitian menunjukkan Pelayanan Publik Berbasis Digital di Kantor Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto belum maksimal, karena SDM Aparatur Desa dalam bidang IT berbeda-beda, keterbatasan kemampuan Aparatur Desa dibidang IT inilah yang menyebabkan Pelayanan Publik Berbasis Digital belum maksimal. Ketersediaan koneksi internet, keterbatasan kepemilikan handphone yang bisa mengakses internet di kalangan masyarakat Desa serta kestabilan sinyal internet juga mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran online.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Agus Dwiyanto, (2011). Manajemen Pelayanan Publik. Yogjakarta. Gadjah Mada University Press.

Handayaningrat, S. (1988). Administrasi Negara Baru. Jakarta, LP3ES.

Indrajit, Richardus Eko dkk. (2002). e-Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi.

Tangkilisan, Nogi S., Hesel, (2005), “Strategi Keunggulan Pelayanan Publik: Manajemen Sumber Daya Manusia Birokrasi Publik (Konsep-Teori & Praktek Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Konsep Russel)”, Kerjasama Yayasan Pembaharuan Administrasi Publik Indonesia & Lukman Offset, Yogyakarta.

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government (2003).

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-01

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pelayanan Publik Berbasis Digital di Kantor Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. (2023). Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 3(1), 7-12. https://doi.org/10.69989/wpvrzy97

Artikel Serupa

21-28 dari 28

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.