KAJIAN MUTU MELLORINE SUSU JAGUNG MANIS DAN SARI KACANG MERAH

Authors

  • Mela Haris Nasution Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti Padang, Indonesia Author
  • Yurnalis Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Asrunita Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.31933/2yg55x27

Keywords:

Mutu, Mellorine, Jagung Manis, Kacang Merah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan susu jagung manis dengan sari kacang merah terhadap kualitas dan cita rasa mellorine. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang mutu mellorine susu jagng manis dan sari kacang merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan susu jagung manis dan sari kacang merah berpengaruh nyata terhadap total padatan, kadar protein, kadar lemak, kadar serat dan total gula sakarosa. Semua perlakuan memenuhi syarat mutu mellorine yang ditetapkan SNI kecuali total gula sakarosa pada perlakuan E (perbandingan susu jagung manis dan sari kacang merah 0:100). Mellorine yang paling disukai adalah mellorine dengan perbandingan susu jagung manis dan sari kacang merah pada perlakuan B (25:75), dengan total padatan, (34,05%) kadar protein (6,96%), kadar lemak (15,39%), kadar serat (6,62%) dan total gula sakarosa (20,33%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hubeis, M., A. Nuri dan Y. Winda. 2006. Kajian teknologi dan financial produksi es krim (melorin) skala kecil. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 7(1): 1-7.

Nur N. H. Uri, ChristineF. Mamuaja dan Teltje Koapaha. 2019. Aktivitas Antioksidan Dan Tingkat Kesukaan Susu Jafung Manis (Zea Mays L Saccharata) Dengan Penambahan Ekstrak (Jahe Zingiber Officinale). Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Unsrat. Jurnal Jurusan Teknologi Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado.

Muhajir, Rahmat, Abdul Rahim dan Gatot S. Hutomo. 2014. Karakteristik Fisik Dan Kimia Susu Jagung Manis Pada Berbagai Lama Perebusan. Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian. Universitas Radulako. Palu. Jurnal Agroland.

Fatimah, P. S., E. Nasution dan E. Y. Aritonang. 2013. Uji daya terima dan nilai gizi biskuit yang dimodifikasi dengan tepung kacang merah. Jurnal Kesehatan Masyarakat, volume 2(6) : 1-7.

Almatsier, S. 2012. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Downloads

Published

2021-03-14

How to Cite

Nasution, M. H., Yurnalis, & Asrunita. (2021). KAJIAN MUTU MELLORINE SUSU JAGUNG MANIS DAN SARI KACANG MERAH. Jurnal Research Ilmu Pertanian, 1(1), 71-75. https://doi.org/10.31933/2yg55x27