PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA TAKARAN BOKASHI PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)

Authors

  • Zulhadi Program Studi Agroteknologi, Fakultas pertanian, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Afrida Program Studi Agroteknologi, Fakultas pertanian, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Prima Novia Program Studi Agroteknologi, Fakultas pertanian, Universitas Ekasakti Padang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.31933/dzp9ht63

Keywords:

Bokashi, Pupuk Kandang Ayam, Tanaman Sawi

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh pemberian beberapa takaran bokashi pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi (Brassica juncea L.) telah di laksanakan pada lahan percobaan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman di BPP kecamatan Pariaman Selatan Provinsi Sumatera Barat, dari bulan September sampai dengan November 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui takaran bokashi pupuk kandang ayam yang tepat bagi pertumbuhan dan hasil tanaman Sawi (Brassica juncea L)”. Penelitian ini menggunakan Rancang Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan, sehingga terdapat 25 satuan percobaan dan masing-masing satuan percobaan terdiri 6 polybag tanaman, sehingga terdapat 150 polybag tanaman. Seluruh tanaman jadi tanaman sampel. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan Uji F. Kemudian dilakukan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Perlakuan yang diberikan dalam percobaan ini adalah bokashi pupuk kandang ayam dengan takaran sebagai berikut; A = 0 ton/ha, B = 5 ton/ha, C = 10 ton/ha, D = 15 ton/ha dan E = 20 ton/ha. Pemberian beberapa takaran bokashi pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi memperlihatkan pengaruh yang berbeda sangat nyata terhadap variabel-variabel pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun terpanjang, lebar daun terlebar dan berat basah per tanaman. Pemberian bokashi pupuk kandang ayam 5 ton/ha memperlihatkan hasil terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi (Brassica juncea L).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rukmana, R. Bertanam Sayuran di Pekarangan. Yogyakarta: Kanisius, 2005.

Dwi. Z,. J, Bertanam Sawi dalam Polybag. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia, 2010.

Badan Pusat Statistik Provinsi Provinsi Sumatera Barat dalam Angka. Provinsi Sumatera Barat: BPS, 2018.

Setiawati, W., Murtiningsih, R., Sopha, G. A., Handayani. Petunjuk Teknis Budidaya Tanaman Sayuran. Jakarta: Badan Penelitan dan Pengembangan Pertanian, 2007.

Mulyono, Membuat MOL dan Kompos dari Sampah Rumah Tangga. Jakarta: Agro Media Pustaka, 2014.

Sudarmi dan Wartini, “Efektivitas Dosis Bokashi Pada Fase Vegetatif Tanaman Sambiloto

(Adrographis paniculata Ness),” Agrisaintifika. Vol. 2, No. 1, hal: 79-83, 2018.

Pratama,Y., C. Zulia., R, “Mawarni. Pengujian Aplikasi Pupuk N dan Bokashi Kotoran Ayam terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Seledri (Apium graveolens L.),” Vol. 14, No. 2, hal: 59-68, 2018.

Sunarjono, H. Bertanam 30 Jenis Sayur. Jakarta: Penebar Swadaya, 2006.

Sutedjo, M. M. Pupuk dan cara pemupukan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Supriati, Y. dan Herliana, E. 15 Sayuran Organik Dalam Pot, Jakarta: Penebar Swadaya, 2014.

Kaleka, N. Kompos dari Sampah Rumah Tangga. Jakarta; Delta Media, 2010. [12]Setiawan, B.S. 2010. Membuat Pupuk Kandang Secara Cepat. Jakarta: Penebar Swadaya,

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Zulhadi, Afrida, & Prima Novia. (2021). PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA TAKARAN BOKASHI PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.). Jurnal Research Ilmu Pertanian, 1(1), 32-39. https://doi.org/10.31933/dzp9ht63

Most read articles by the same author(s)