Analisa Pengakuan Pendapatan Pada Departemen Servis PT. Astra Internasional Tbk. Toyota Auto 2000 Padang

Authors

  • Zulhendra Akademi Akuntansi Indonesia Padang Author
  • Nilam Sekar Sari Akademi Akuntansi Indonesia Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.31933/hc0dxf93

Keywords:

Analisis, Pengakuan Pendapatan, Pengakuan Beban

Abstract

Penghasilan merupakan salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam laporan keuangan baik yang menyangkut jumlah maupun secara tertulis. Salah satu tujuan utama perusahaan adalah menghasilkan laba yang semaksimal mungkin. Sasaran tersebut dapat dicapai melalui upaya dan kegiatan tertentu yang dapat menimbulkan opini dan efisiensi dalam mengelola perusahaan. Sumber utama pendapatan perusahaan adalah hasil penjualan barang dan jasa. Jumlah barang dan jasa yang terjual. merupakan salah satu tolak ukur untuk menentukan sukses tidaknya suatu perusahaan itu sendiri. Pengakuan pendapatan di PT. Astra Internasional Tbk Auto 2000 Padang mengakui bahwa pendapatan dari jasa diakui pada saat diperolehnya laba bersih. PSAK No. 23 mengatur pendapatan, terutama transaksi untuk peristiwa ekonomi yang timbul dari penjualan barang, penjualan jasa dan penggunaan aset lainnya, biasanya berupa bunga, royalti dan dividen. PT Astra International Toyota Tbk Auto 2000 Padang menghasilkan pendapatannya. mulai dari jasa servis mobil seperti jualan barang seperti jual sparepart. Karena analisis pengakuan pendapatan dan pengukuran pendapatan yang baik akan membantu perusahaan dalam kelangsungan hidup perusahaan dimasa yang akan datang. Dengan penerapan PSAK, kebenaran laporan laba rugi perusahaan dapat dipercaya. Dua metode: kualitatif dan kuantitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Bumi Aksara

Carl S. Warren dkk. 2017. Pengantar Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Dunia, Firdaus A. 2013. Pengantar Akuntansi Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat

Hans Kartikahadi, dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Edisi Kedua Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Hery. 2015. Akuntansi Keuangan Menengah 2. Jakarta: PT Bumi Aksara. Ikatan Akuntansi Indonesia.2018 Standar Akuntansi Keuangan.

Milla, Tafsir, Retno, Novita. 2016. Pengantar Akuntansi 2. Jakarta: Prenada Media Group.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2012 Standart Akuntansi Keuangan (SAK) Pendapatan No.23 Edisi kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Merdi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Ghalia Indonesia

Sofyan Syafri Harahap. 2011. Teori Akuntansi. Edisi Revisi 2011. Jakarta : Rada Grafindo Persada

Mulia, Budi. 2007. Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan menurut PSAK No.23 Pada PT. Raya Utama Travel Medan. Skripsi.

Downloads

Published

2021-04-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Zulhendra, & Nilam Sekar Sari. (2021). Analisa Pengakuan Pendapatan Pada Departemen Servis PT. Astra Internasional Tbk. Toyota Auto 2000 Padang. Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang, 1(1), 38-42. https://doi.org/10.31933/hc0dxf93