Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel Resmi Motor Honda (AHASS) Safari Service Padang

Authors

  • Salman Wajdi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.31933/twaae624

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan bentuk sikap dari pelanggan terhadap sebuh produk yang mana konsumen rela membeli produk secara terus menerus dan berkelanjutan, adapun tujuan penelitian yang di lakunan ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Ahass Safari Service Padang, bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Ahass Safari Service Padang dan bagaimana pengaruh kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap Loyalitas pelanggan Ahass Safari Service Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kausatif, yang mana tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa jauh variable bebas mempengaruhi variabel terkait. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Ahass Safari Service Padang, dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 pengunjung. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner. Kemudian dilakukan uji validitas dan uji normalitas, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS versi 24. Dari hasi pengolahan data penelitian menunjukkan hasil bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, pada kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Ahass Safari Service. Nilai R Square adalah 0.552 yang artinya variabel independen secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 55,6% terhadap variabel dependen pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Donni priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: alfabeta

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (edisi 3). Jakarta: Salemba Empat

Ghozali, I.H. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kolonio, Jeremia & Djurwati soepeno (2019). Pengaruh Service Quality, Trust dan Consumer Satisfaction terhadap Consumer Loyalty pada CV Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA Vol. 7, No. 1

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2012. Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Worodiyanti, Novi Wahyu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Elladerma Skincare Malang. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Downloads

Published

2022-04-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Salman Wajdi. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel Resmi Motor Honda (AHASS) Safari Service Padang. Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang, 2(1), 14-21. https://doi.org/10.31933/twaae624