Pengaruh Green Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Di Kawasan Wisata Pulau Mursala, Sibolga
DOI:
https://doi.org/10.31933/db3kzv19Keywords:
Green Service Quality, Customer Satisfaction, Pulau MursalaAbstract
Tujuan Penelitian ini hendak melihat green service quality dari kawasan pariwisata dan pengaruhnya terhadap customer satisfaction di kawasan wisata Pulau Mursala, Sibolga. Bisnis pariwisata tidaklah mudah, alam yang indah tidak sebegitusaja dibiarkan tanpa harus dipelihara dan dijaga. Kawasan pariwisata harus peduli pada lingkungan pariwisata dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengambilan data dan didapati 78 sampel penelitian. Analisa statistic menggunakan analisa regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Green Service Quality terhadap Customer Satisfaction di Kawasan Wisata Pulau Mursala, dilihat dari nilai t-hitung 17,55 dan nilai signifikansi 0,000 < 0.05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hasil positif dan signifikan ini berarti dengan meningkatnya Kualitas Pelayanan maka dapat meningkatkan kepuasan konsumen Kawasan Wisata Pulau Mursala di Sibolga.
Downloads
References
Achmad, E. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Vespabox Kota Malang). Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, 185.
Aditia, I. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada UD Pandan Wangi Semarang The Factors which Influence Customer’s Satisfaction at UD . Pandan Wangi Semarang. 1–19.
Azhari, M. I., Fanani, D., & M. K. Mawardi. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Kfc Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 143–148.
Bernik, M. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Gold’s Gym Bandung. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 12(3), 220. DOI:10.20473/jmtt.v12i3.13483.
Chandra, S. M., & Tielung, M. V. J. (2015). The Influence of Service Quality, Promotion, and Location Against Consumer Decision Using Hotel Baliem Pilamo in Wamena. Jurnal EMBA, ISSN 2303-11, 3(3), 959–970.
Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Itani, O. S., Badrinarayanan, V., & Rangarajan, D. (2023). The impact of business-to-business salespeople’s social media use on value co-creation and cross/up-selling: the role of social capital. European Journal of Marketing, 57(3), 683–717. https://doi.org/10.1108/EJM-11-2021-0916
Kristantyo, A. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Bulletin of Management and Business, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31328/bmb.v2i1.133
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 2 No. 2.
DOI: https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464
Mamun, S., & Ningsih, T. H. (2021). Implementasi Strategi Layanan Teknologi Digital Banking dan Service Quality dalam Perspektif Nasabah pada Perbankan Syariah (Study kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Tomang). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), 223–233. https://doi.org/10.37366/jespb.v6i02.249
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Prabowo, T. F. P. (2018). Kebijakan Hukum Pariwisata di Bidang Linkungan. Magister Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Prakoso, P. A., Handoko, Y., & Fathorrohman. (2020). Pengaruh Sistem Kerja Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Pada Departemen Front Office Di Hotel Bwalk, Dau, Malang. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Vol. 8 No. 2, 260-269.
Prananda, Y., Lucitasari, D. R., & Abdul Khannan, M. S. (2019). Penerapan Metode Service Quality (Servqual) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan. Opsi, 12(1), 1. https://doi.org/10.31315/opsi.v12i1.2827
Priscilia & Edwin. (2020). Analisa Pengaruh Service Quality, Price, dan Customer Relationship terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening di Rumah Makan Taman Handayani Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–9.
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461
Putri, T. D. (2018). Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta. Struktur Kepemilikan, Corporate Governance, Dan Agency Cost, 13(2), 43–50.
Qiscus. (2021). 5 Elemen Service Quality & Pentingnya untuk Kepuasan Pelanggan. Article.
Riyanto, K., & Satinah, S. (2023). Pengaruh Penetapan Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Score: Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran, 1(01), 30–37. https://doi.org/10.59422/lmp.v1i01.73
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Wijaya, G. E. B., Mataram, I. G. A. B., & Winia, I. N. (2022). Analisis Pengaruh Green Service Quality Terhadap Customer Satisfaction di Amarterra Villas Bali Nusa Dua. Politeknik Negeri Bali.
Yudhanto, B., Waloejo, H. D., & Farida, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Susuku Café Ungaran). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 142–150. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34203
Zain, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 2(2), 47–54. https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.269
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ruth Loviana Simarmata, Francis Hutabarat, Harman Malau (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.