ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN KOPI PADA MASA NEW NORMAL DI COFFEE SHOP KOTA PADANG

Authors

  • Ade Rudi Julianto Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Amnilis Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Gusriati Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.31933/9q6c0x68

Keywords:

Loyalitas, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Design Tempat, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas konsumen kopi pada masa new normal dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen kopi masa new normal di Coffee shop di Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2020. Metode penentuan responden menggunakan teknik Non Probability yaitu dengan cara Acidental Sampling. Penelitian dilaksanaan di Coffee Shop Kota Padang dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Penelitian ini menggunakan metode dasar deskriptif analitik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitattif dengan analisa statistik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas konsumen kopi pada masa new normal di Kota Padang berada pada kategori loyal dengan nilai scor 3,85. Kualitas produk, kualitas pelayanan, desaign tempat, lokasi, harga produk, dan kepuasan pelanggan Coffee Shop di Kota Padang secara simultan (secara bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen kopi pada Coffee Shop di Kota Padang dengan nilai (sig 0,000 < 0,005). Sedangkan yang berpangaruh signifikan secara parsial adalah Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desaign Tempat, dan Kepuasan Pelanggan dan yang tidak berpengaruh secara parsial adalah Lokasi dan Harga Produk. Nilai koefisien Determinasi sebesar 0,932. Diharapkan kepada pemilik Coffee Shop yang ada di Kota Padang tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas yang ada pada Coffee Shopnya. Baik itu kualitas pelayanan maupun kualitas produk sehingga bisa mempertahankan keloyalan dari konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhara, L.A.M. 2005. Pengaruh Pemberian Kopi Dosis Bertingkat Per Oral 30 Hari Terhadap Gambaran Histopatologi Hepar Tikus Wistar. Universitas Diponegoro. Semarang.

Saputra, E. 2008. Kopi. Harmoni. Yogyakarta.

Kahfi Dirga, Cahya. (2017). Apa Beda Kopi Arabica dan Robusta?. https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/11/083356720/apa-beda-kopiarabica-dan- robusta. Diakses pada 5 Januari 2020.

Wiktioneri, Relokasi. 12 April 2018 dari wiktonioneri: ss http://id.wiktionary.org/wiki/relokasi.

Anik , Maryunani . 2009.Pengertian Coffee Shop. Rineka Cipta. Jakarta.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan:. Erlangga. Jakarta

Dharmmesta, dan Irawan. 1999. “Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No.3.

Syamsudin, A.R, & Damianti, Vismaia S. 2011. Metode Penelitian pendidikan Bahasa. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta. Jakarta.

Supriyadi dan Winda Melanta. 2014. Customer Relationship Management dan Loyalitas Konsumen pada PT Shafira Laras Persada. SMART – Study & Management Research. Vol XI, No.2.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Julianto, A. R., Amnilis, & Gusriati. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN KOPI PADA MASA NEW NORMAL DI COFFEE SHOP KOTA PADANG. Jurnal Research Ilmu Pertanian, 1(1), 84-90. https://doi.org/10.31933/9q6c0x68

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>