ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI MINUMAN KOPI SOLOK RADJO DI ERA NEW NORMAL (Studi Kasus pada Coffee Shop Rimbun Espresso and Brew Bar Kota Padang)
DOI:
https://doi.org/10.31933/kdpa0613Keywords:
Coffee Shop, Karakteristik, Konsumen, Kopi Solok Radjo, Perilaku KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli minuman kopi Solok Radjo di era new normal studi kasus di Coffee Shop Rimbun Espresso And Brew Bar Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2020. Populasi di dalam penelitian ini adalah konsumen minuman kopi Solok Radjo di Coffee Shop Rimbun Espresso And Brew Bar Kota Padang dengan kriteria: umur responden ≥17 tahun dan mengkonsumsi minuman kopi berbahan baku Solok Radjo. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat 30 responden. Metode penentuan responden dengan menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu kultur , sub kultur, kelas sosial, kelompok acuan, keluarga, peran dan status, umur dan tahap siklus hidup, pekerjaan , motivasi, persepsi, pengetahuan, dan kepercayaan dan sikap. Secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen minuman kopi Solok Radjo, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian uji F dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 atau F <0,005. Secara parsial kultur, kelompok acuan, peran dan status, umur dan tahap siklus hidup, motivasi, persepsi, dan kepercayaan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen minuman kopi Solok Radjo, hal ini ditunjukan dengan hasil pengujian uji t dengan nilai signifikan t < 0,005) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga ditarik kesimpulan bahwa perilaku konsumen minuman kopi Solok Radjo di Coffee Shop Rimbun Espresso and Brew Bar dipengaruhi secara signifikan.
Downloads
References
Saputra, E. Kopi. Yogyakarta: Harmoni, 2008.
Moelyono Susilo. Luas Areal dan Produksi Kopi di Indonesia. [Daring]. Tersedia pada: www.AEKI-AICE.org/page/areal-dan-produksi/id, 2011
Kotler, Philip. Prinsip-prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo, 2000.
Priyono, Ahmadi, dan Abu. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sinaga, Adityawarman, Sanim, “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Krekot”, Jurnal Manajemen dan Organisasi. Vol.VI, No.1, 2015.
As’ad S. U, Moh. Psikologi Industri : Seri Ilmu Sumber Daya Manusia. Edisi keempat. Yogyakarta: Liberty, 2002
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen: Teori dan .Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2011.
Samuelson. Paul & William D Nordhaus. Mikro Ekonomi. Jakarta: Erlangga, 2002.
Santoso, Singgih. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik: Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2000.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005
Gujarati, Damodar. Ekonometrika Dasar. Alih Bahasa Sumarno Zain. Jakarta: Erlangga, 1995.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hengky Pratomo, Gusriati, Herda Gusvita (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.