ANALISA PENGARUH PEMELIHARAAN PREVENTIF PADA PENYULANG GASAN DI PT. PLN (PERSERO) ULP PARIAMAN

Authors

  • Muhammad Ridwan Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Yani Ridal Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Rosnita Rauf Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author

Keywords:

Pemeliharaan Jaringan, Distribusi, Gardu, JTM

Abstract

Pemeliharaan jaringan distribusi merupakan serangkaian tindakan atau proses kegiatan untuk mempertahankan kondisi dan meyakinkan bahwa peralatan dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga dapat dicegah terjadinya  gangguan  yang  menyebabkan  kerusakan.  Pemeliharaan  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan ketahanan, ketersediaan dan efisiensi peralatan, untuk memperpanjang umur peralatan, mengurangi resiko terjadinya kegagalan atau kerusakan peralatan, meningkatkan keamanan peralatan, mengurangi lama waktu padam akibat sering gangguan. Seluruh data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa instrument  berupa metode literature, metode observasi dan metode wawancara.  Metode yang dilakukan kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jenis pemeliharaan yang dilakukan di PT. PLN ULP Pariaman yaitu pemeliharaan preventif dan pemeliharaan breakdown. pada jaringan tegangan menengah dan pemeliharaan pada gardu distribusi. Pada pemeliharan JTM terdiri dari pemeliharaan kabel penghantar, isolator, dan tiang. Sedangkan pada pemeliharaan Gardu Distribusi meliputi pemeliharaan NH-Fuse, lightning arrester, dan box panel. Pemeliharaan dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan peralatan listrik yang dapat mengakibatkan terganggunya aliran listrik.

References

Budiman, B. 2018. “Manajemen Pemeliharaan”. Jilid 1. PT PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Timur.

Duyo, R. A dan Sulkifli, A. “Analisis Jaringan dan Pemeliharaan Pada Jaringan Distribusi di PT. PLN Wilayah Cabang Pinrang”. Jurnal Vertex Elektro, Vol. 01, No.02, hal. 1-11, 2019.

Gabriel M, dkk. 2007. “Pemeliharaan Distribusi Tegangan Menengah”. Teknik Elektro. Politeknik Negeri Semarang.

Kongah, D., Sarjan, M dan Mukhlis, B. “Analisis Pembebanan Transformator Gardu Selatan Kampus Universitas Tadulako”. Jurnal MEKTRIK, Vol. 1, No. 1, hal. 11-19,

Makangiras, Ofriadi. 2016. “Pemeliharaan Gardu Distribusi”. Laporan Akhir. Manado: Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Manado. Kementerian Riset Teknologi danPendidikan Tinggi.

Manjang, S., Kitta, I., Syafaruddin., Yusran., Gunadin, I. C dan Gassing. 2019. “Pelatihan Pemeliharaan Sistem Distribusi Tenaga Listrik pada Tenaga Kerja Perusahaan Bidang Ketenagalistrikan”. Jurnal TEPAT (Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat), Vol. 02, No. 02, hal. 45-50.

Pasra, N dan Ruswandi, P. P. 2016.“Pelaksanaan Manajemen Pemeliharaan Gardu Distribusi”. Jurnal SUTET, Vol. 06, No. 02, hal. 9-21.

Prayitno, R., & Zuwanda, R. (2023). Perlindungan Konsumen Terhadap Pengguna Helm yang Tidak Sesuai Standar Nasional Indonesia. UNES Law Review, 6(1), 2456-2463. https://doi.org/10.31933/unesrev.v6i1.1031

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

Muhammad Ridwan, Yani Ridal, & Rosnita Rauf. (2024). ANALISA PENGARUH PEMELIHARAAN PREVENTIF PADA PENYULANG GASAN DI PT. PLN (PERSERO) ULP PARIAMAN. Ekasakti Engineering Journal , 4(1), 33-37. https://journal.unespadang.ac.id/EEJ/article/view/265