Studi Analisa Anti Blocking Coal Feeder Pada PLTU Teluk Sirih Kota Padang

Authors

  • Rizki Dermawan Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Yani Ridal Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author
  • Budiman Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia Author

Keywords:

Anti Blocking Coaal Feeder PLTU Teluk Sirih

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) merupakan pembangkit listrik thermal yang mengubah energi kimia dalam bahan bakar menjadi energi listrik, sehingga listrik yang dihasilkan tergantung dari konsumsi bahan bakar. PLTU Teluk Sirih menyuplay listrik sebesar 17.67 % ke sistem transmisi Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), sehingga PLTU Teluk Sirih dituntut untuk dapat menjaga kestabilan produksi dengan meminimalisir gangguan pembangkit yang mengakibatkan terjadinya derating. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa gangguan blocking coal feeder merupakan salah satu gangguan yang disebabkan karna batubara basah yang dapat mengakibatkan derating beban 11 MW s/d 15 MW selama 13 menit s/d 26 menit bahkan harus stop emergency. Selain berdampak pada derating beban gangguan ini juga berakibat terjadinya kerugian financial sekitar sebesar sebesar Rp.6.444.000,- s/d Rp.6.485.491.842,- untuk satu kali gangguan. Dari permasalahan yang terjadi maka dilakukan upaya untuk meminimalisir potensi derating dan kerugian financial akibat gangguan blocking coal feeder dengan memaksimalkan fungsi dari sistem anti blocking sebagai solusi mengatasi blocking dengan mengubah sistem operasi dari semi auto menggunakan timer menjadi auto dengan penambahan pressure switch. Dengan pengubahan sistem operasi ini bisa lebih efisien secara waktu dengan mudahnya terdeteksi gangguan blocking, penanganan yang cepat dengan sistem auto dan meminimalisir kerusakan pada peralatan lain.

References

Dandy Nugroho, Sunarto. 2017. Modifikasi outlet coal bunker dan outlet coal feeder untuk mengatasi plugging batu bara di PLTU Tanjung Awar Awar Tuban. Fakultas Teknik Universitas Gresik.

Direktori Inovasi PLN. 2015. Plugging Detector Pada Outlet Coal Feeder untuk mengurangi Derating Unit PLTU Indramayu. Indramayu: PT. PJB Services.

Dwi Aryono, Mislan. 2012. Pemakaina timer pada pengereman dinamik motor induksi tiga phasa. U.N.Surabaya.

Kusdwiharto, Wiloyo. 2015. Coal shelter untuk menimalisir potensi plugging. Tanggerang: PLTU Lontar.

Longyuan, Datong. 2016. Panduan operasi dan pemeliharaan antiblock rotation. PT.Datong Jaya Indonesia.

Mahendra, Miko. 2011. Pengaruh penambahan PLTU Teluk Sirih 100MW Pada Sistem Sumatera Bagian Tengah.JTE FT UNAND: Padang.

Mulyono, Budi. 2010. Pembangunan selter baru dan pengering batubara untuk mengurangi plugging pada saat musim hujan. Tapanuli Tengah: PLTU Labuhan Angin.

Prayitno, R., & Zuwanda, R. (2023). Perlindungan Konsumen Terhadap Pengguna Helm yang Tidak Sesuai Standar Nasional Indonesia. UNES Law Review, 6(1), 2456-2463. https://doi.org/10.31933/unesrev.v6i1.1031

Pusat Pendidikan dan Pelatihan. 2008. Coal Handling system PLTU. Suralaya: PT.PLN (Persero).

Pusat Pendidikan dan Pelatihan. 2011. Pengoperasian PLTU. Suralaya: PT PLN (Persero).

Sobirin, Iskandar. 2011. System kerja Pressure switch. Bontang: Indonesia.

Supriadi, Ahmad. 2015. Metode Re-Starting Coal Feeder untuk Penanggulangan Gangguan Coal Plugging pada Inlet Coal Feeder di UP Suralaya Unit 1-4. Cilegon: Unit Pembangkitan Suralaya.

Syarif Hidayat, Sutrisno Gregonius volume 24, Number 12 (2018) dalam jurnal yang berjudul “Modification of plugging sensor addition on inlet coal pulverizer in PT.PJB UBJOM PLTU Indramayu.

Zikri, Khairul. 2013.Full speed untuk mempercepat kekosongan pulverizer/feeder saat terjadi Blocking bunker/feeder. Sawahlunto: PLTU Ombilin.

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

Rizki Dermawan, Yani Ridal, & Budiman. (2024). Studi Analisa Anti Blocking Coal Feeder Pada PLTU Teluk Sirih Kota Padang. Ekasakti Engineering Journal , 4(1), 27-32. https://journal.unespadang.ac.id/EEJ/article/view/264