Kajian Kebijakan Kriminal Terhadap Rendahnya Kepercayaan Mayarakat Atas Kinerja Kepolisian Sektor Sangir Jujuan Solok Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31933/rgtkr535Keywords:
Kebijakan Kriminal, Kepercayaan, Masyarakat, KepolisianAbstract
Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan Yuridis Normatif yang didukung pendekatan Yuridis Empiris. Kajian politik kriminal rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kepolisian Sektor Sangir Jujuan berbentuk lambatnya penanganan laporan, di mana warga merasa tidak mendapat respons cepat saat melaporkan kasus. kurangnya transparansi dalam proses penanganan kasus membuat masyarakat merasa tidak mendapat kepastian dan solusi. Warga merasa diabaikan dan cenderung enggan melaporkan masalah, kurangnya transparansi dalam proses kasus. Minimnya keterlibatan dalam kegiatan sosial, Polsek hanya aktif dalam urusan keamanan, tetapi minim keterlibatan dalam kegiatan sosial dan adat. Masyarakat merasa hubungan dengan polisi hanya sebatas formalitas, bukan sebagai mitra keamanan. Terdapat adanya kesenjangan atas puas atau ketidakpuasan yang dirasakan oleh masyarakat atas kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh petugas Polsek Sangir Jujuan yang berdampak pada rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap Polsek Sangir Jujuan. Rendahnya kepercayaan publik ini berdampak negatif pada stabilitas keamanan di wilayah tersebut. Kendala dalam mengatasi rendahnya kepercayaan mayarakat terhadap kinerja Kepolisian Sektor Sangir Jujuan adalah Faktor Internal meliputi, keterbatasan sumber daya seperti jumlah personel dan fasilitas mempengaruhi kemampuan Polsek dalam merespons laporan secara cepat, sikap petugas yang dianggap kurang ramah dan empatik memperburuk hubungan dengan warga. Tidak adanya mekanisme pengaduan yang efektif dan transparan. Penanganan kasus terlambat karenanya banyaknya di wilayah terpencil dan sulit dijangkau. Sikap pelayanan yang kurang ramah dan empatik. Polisi kurang aktif dalam kegiatan sosial atau acara komunitas, sehingga interaksi antara warga dan polisi terbatas pada urusan penegakan hukum.
Downloads
References
Devina Risky fadila, Analisis Strategi Manajemen Media Bidang Humas Polda Diy Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polri, tesis, program magister ilmu hukum, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta 2020
Edi Sutomo, Buku Panduan Aplikasi Polisikita, Gramedia, Jakarta, 2017
Juanda Nawawi, Membangun Kepercayaan Dalam Mewujudkan Good Governance. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol 1 No. 3, 2012
Kumagai, Saki dan Federica Lorio, Building Trust in Government Through Citizen Engagement, Paper, World Bank Group Governance
Laporan Symposium Pembaharuan Hukum Pidana Nasional, 1980 di Semarang
Mardjono Reksodiputro, Penanggulangan Masalah Preman dari Penegakan Kriminologi (suatu tanggapan) di muat dalam Jurnal Hukum Pidana dan Kriminologi, Vol I, No. 1/1998
Mohammad Kemal Dermawan, Menuju Polisi yang Demokratis, http://www.suarapembaruan.com/News/2008/07/02/Jabotabe/jab14.html,
Pudi Rahardi, Hukum Kepolisian (Profesionalisme dan Reformasi Polri), Laksbang Mediatama, Surabaya, 2007
Sadjijono, Fungsi Kepolisian dalam Pelaksanaan Good Governance, LaksBang, Yogyakarta, 2005
Sapto, Telaah Penerapan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil penyidikan (SP2HP) Online di Polres Sukoharjo dalam Rangka Transparansi Penyidikan Guna Mendukung Grandstrategi POLRI 2005–2025, http://sapto.staff.uns.ac.id/files/2010/01/telaah-penerapansp2hp1.pdf,
Soerjono Soekanto, Kesadaran Dan Kepatuhan Hukum, Rajawali Pers, Jakarta, 1982
Tetra Hidayati, Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Serta Kepercayaan Masyarakat Pada Kepolisian Sektor (Polsek) Bengalon,tesis, program magister, fakultas ekonomi, universitas mulawarman, 2014
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Sukma Marti, Laurensius Arliman. S, Amiruddin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.