Analisis Pengaruh  Pemasangan Sensor Vibrasi Untuk  Ketelitian Pengukuran Getaran Bearing Pada Housing Bearing Symetro Gear Unit Raw Mill Departemen Produksi  II/III PT. Semen Padang

Authors

  • Mukhnizar Fakultas Teknik, Universitas Ekasakti Author

Keywords:

Bearing, Getaran, Housing Bearing Sensor, Symetro Gear

Abstract

Symetro Gear merupakan  mesin atau alat penyalur tenaga dan putaran  yang berasal dari motor listrik yang digunakan untuk  memutar  Raw Mill dalam proses penggilingan bahan baku semen (batu kapur, batu silika, tanah liat dan pasir besi). Symetro gear memiliki fungsi yang sama dengan gearbox pada umumnya,  namun  perbedaannya  adalah besarnya  tenaga dan torsi yang dihasilkan dari Symetro Gear dibandingkan gearbox pada umumnya karena pengaruh ukuran dan kapasitasnya. Dalam menganalisis sebuah getaran yang akan dipakai adalah metode dengan bentuk  spektrum yang dihasilkan melalui pengukuran  nilai vibrasi masing-masing bearing. Spektrum getaran dapat dilihat dengan memakai sensor yang dihubungkan  dengan alat ukur (vibscanner) yang kemudian data hasil pengukuran dipindahkan  dari alat ukur  ke komputer  dengan  menggunakan aplikasinya  (Omnitrend) untuk  melihat  nilai vibrasi yang  didapatkan  selama pengukuran.  Dan  setelah dilakukan analisis, ternyata pengukuran menggunakan sensor pada housing bearing Symetro Gear jauh lebih  akurat  dibandingkan  tanpa  menggunakan  sensor  (sebelum  menggunakan  sensor nilainya relatif < 1 mm/s sedangkan nilai vibrasi saat diukur menggunakan sensor nilainya selalu > 1 mm/s dan bahkan hampir mendekati nilai batas maksimum yaitu 3 mm/s).

References

Abidin. Vibrasi pada permesinan. Balai Pustaka. Jakarta. 1996.

Bantalan Bola. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya. 2005.

Brüel & Kjaer Vibro GmbH Leydheckerstraße 10 D-64293 Darmstadt. Germany. 2013.

Brüel & Kjaer Vibro. Non-Contacting Displacement Sensor with integrated Oscillator.

FLSmidth MAA Gear. Symetro Gear Unit Spare Part and Accessories. Switzerland. Hamid, Abdul. Praktikal Vibrasi Mekanik. Graha Ilmu. Jakarta. 2012.

http://www.advancesiam.com/pdf/14.pdf. (Senin, 23 April, jam 19.30 WIB).

Massachusetts. 2000.

Ngadiyono, Yatin. Pemeliharaan Mekanik Industri. Kementrian Pendidikan Nasional

Paz, Mario. Dinamik Struktur. University Teknologi Malaysia. Skudai. 1996.

S. Rao, Siringesu. Mechanical Vibrations (Second Edition). Purdue University.

Suhardjono. Analisis Sinyal Getaran Untuk Menentukan Jenis dan Tingkat Kerusakan. Surakarta. 2009.

Susilo, Didik Djoko. Pemantauan Kondisi Mesin Berdasarkan Sinyal Getaran. UNS.

Tatis, Rolando. Vibration Measurement for Rotatory Machines. Degree Programme in Automation Engineering. Valkeakoski. 2012.

Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. 2010.

Wowk, Victor.Machinery Vibration Measurement and Analysis. McGraw-Hill Education- Europe. New York. 1991.

Wowk. Types of Vibration. Wiley – Blackwell. United States. 1995.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Mukhnizar. (2021). Analisis Pengaruh  Pemasangan Sensor Vibrasi Untuk  Ketelitian Pengukuran Getaran Bearing Pada Housing Bearing Symetro Gear Unit Raw Mill Departemen Produksi  II/III PT. Semen Padang. Ekasakti Engineering Journal , 1(1), 33-50. https://journal.unespadang.ac.id/EEJ/article/view/257