Pengembangan Jobsheet Berbasis Produk Pada Mata Kuliah Praktek Rangkaian Elektronika Program Studi Teknik Elektro Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Authors

  • Chairul Nazalul Anshar Fakultas Teknik, Universitas Ekasakti Author
  • Ganefri Fakultas Teknik, Universitas Ekasakti Author
  • Kusumaningrum Fakultas Teknik, Universitas Ekasakti Author

Keywords:

Electronic Circuit Practice, Produk berbasis lembar kerja

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas produk berbasis jobsheet (2) kepraktisan produk berbasis jobsheet dan (3) efektifitas produk berbasis jobsheet pada pelatihan program studi Praktik Sirkuit Elektronik Industri Teknik Elektro. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan 4-D, Jenis datanya adalah data primer dimana datanya disediakan oleh para ahli, dosen dan mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan penggunaan produk berbasis lembar kerja.  Hasil  penelitian  menyimpulkan  bahwa  validitas produk  berbasis jobsheet menurut ahli ahli berada pada persentase 92%, sedangkan untuk praktikum produk berbasis jobsheet yang berasal dari dosen sebesar 76,67%, dan keefektifan produk berbasis jobsheet. Yang diperoleh dari siswa berada pada persentase 83,87. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis produk  valid, praktis dan efektif digunakan pada pelatihan Praktik Sirkuit Elektrin Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

References

A.M. Sardiman. (2007). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Akker, Jan Van Den. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Anderson, Lorin W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objective. New York: David Mckay Company, Inc.

Ansyar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Arief, S. Sadiman. dkk. (2003). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Arwita. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Eksperimen Pada Materi Termokimia untuk Siswa SMA Kelas XI IPA. Tesis Program Pascasarjana UM Jakarta.

Azhar, Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Basir, Barthos. (1992). Manajemen Kearsipan untuk Lembaga Negara, Swasta, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Borg, Walter, R. (1978). Educational Research, an Introduction. New York: Longman Icn. Conny,

Ganefri. (2013). The Development of Production-Based Learning Approach to Entrepreneurial Spirit for Engineering Students. Journal Asian Social. Science; Vol. 9, No. 12; 2013. ISSN 1911-2017 E-ISSN 1911-2025

Hardjito. (2004). Peran Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Ditinjau Dari Prespektif Pendidikan Progresif. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pendidikan Depdiknas.

Heinich, Robert. (2005). Intructional Media; and The New Technologies of Intruction. New York: Macmilan Publishing Company.

Manan. (2004). Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Bab VII “Pembuatan Job Sheet”. UNM Makasar.

Mursid, R. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. Tesis Program Pascasarjana UNIMED Medan.

Nana S. Sukmadinata. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Newby, Timoty J at all. (2000). Istructional Technology for Teaching and Learning. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Nana Sudjana, Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Notoatmidjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Novianty, I. (2012). Efektifitas Pengembangan Modul Materi Analisis Elektrokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasis Belajar Dan Persepsi Siswa Kelas XI Semester 1 Kompetensi Keahlian Kimia Analisis SMKN 7 Malang. Tesis Program Pascasarjana Universitas Malang.

Oemar Hamalik. (1980). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

R. Semiawan. (1998). Pendidikan Tinggi Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal Mungkin. Jakarta: DIRJEN DIKTI.

Rasyid. (1985). Media pembelajaran. Bandung. Program Pasca Sarjana IKIP Bandung.

Ridwan. (2002). Ketercapaian Prestasi Belajar. Bandung: Alfa Beta.

Risma. (2011). Media Pembelajaran. Surakarta. UNS Press

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanaky, Hujair. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sanjaya, Winna. (2006). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Penerbit: Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Sarbian. (2009). Handout untuk Mata Kuliah Praktik. UII. Yogyakarta

Smaldino, Sharon E, dkk. (2012). Instructional Technology and Media For Learning Ninth edition. New Jersey Columbus, Ohio: PEARSON Merrill Prentice Hall.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Nazalul Anshar, C., Ganefri, & Indrati. (2021). Pengembangan Jobsheet Berbasis Produk Pada Mata Kuliah Praktek Rangkaian Elektronika Program Studi Teknik Elektro Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Ekasakti Engineering Journal , 1(1), 22-32. https://journal.unespadang.ac.id/EEJ/article/view/256